Mengenal Domain, Hosting Website dan Tips Memilihnya

Selamat datang dan berjumpa kembali bersama Lummatun, media yang membagikan tips marketing online, perdagangan, dan dunia website.

Domain adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Dan nama domain muncul setelah tanda @ pada alamat email, dan setelah www pada alamat website.

Contoh nama domain pada website seperti www.lummatun.com. Sedangkan contoh nama domain pada email seperti kontak@ lummatun.com.

Hosting adalah lokasi atau tempat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar, dan video.

Melihat kedua pengertian di atas maka akan saya tuliskan beberapa tips memilih nama domain, dan hosting supaya dalam jangka panjang kakak dan umumnya kita semua mampu meraup kesuksesan dan perkembangan bersama website yang dikelola.

Berikut ini beberapa tips memilih nama domain untuk website kesayangan:

  1. Menggunakan Nama Yang Singkat.
  2. Hindari Karakter yang Sulit diketik.
  3. Menggunakan Ekstensi Domain Yang Populer.
  4. Menambahkan Kata Kunci.
  5. Mencantumkan Nama Daerah.

Pembahasan.

Nama Yang Singkat

Kemungkinan kakak punya teman, tetangga, ataupun saudara yang namanya sangat panjang.

Kemungkinan juga, terkadang kakak merasa kesulitan jika harus menyebutkan nama lengkapnya itu.

Begitu pula nama website. Mereka calon pengunjung akan kesulitan mengunjungi dan menemukan website yang namanya terlalu panjang.

Oleh sebab itu, gunakanlah nama domain yang singkat karena dapat mempermudah mereka untuk mengunjungi website.

Karakter yang Sulit diketik.

Salah satu karakter yang sulit diketik adalah tanda _ atau –

Mungkin perlu diketahui bersama.

Kebanyakan orang masih asing dengan karakter tersebut sehingga mereka kesulitan jika harus mengetikkan nama domain yang terdapat karakter yang disebutkan di atas.

Oleh sebab itu saya punya saran, nama domain jangan ditambahkan karakter yang sulit diketik demi memudahkan mereka untuk berkunjung ke website.

Ekstensi Yang Populer.

Beberapa contoh ekstensi domain yang cukup populer adalah com, id, org, net, dan sebagainya.

Dan, ada pula ekstensi domain yang masih asing bagi masyarakat umum.

Karena itu, pilihlah ekstensi domain yang menurut kakak cukup dikenal oleh kebanyakan orang.

Kata Kunci.

Kata kunci dalam dunia website biasa disebut dengan Keyword.

Semisal kakak membuat website ingin menjual martabak, maka lebih baik menambahkan kata kunci martabak di nama domain.

Sebagai contohnya www.martabakmoga. com

Dengan begitu, website kakak lebih mudah bersaing untuk menduduki halaman pertama Google jika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci “Martabak Moga”.

Mencantumkan Nama Daerah.

Adakalanya, kakak perlu mencantumkan atau menyebutkan nama daerah di domain website apabila tujuan kakak ingin mendapatkan pengunjung lokal.

Contohnya sudah saya sebutkan di atas, yakni www. martabakmoga.com

Yang artinya, orang yang memiliki nama domain tersebut bertujuan agar orang yang berada di wilayah kecamatan moga lebih mudah mencari martabak yang mereka inginkan.

Adapun manfaat menambahkan nama daerah adalah website kakak lebih mudah ditemukan pengunjung lokal, sehingga dapat meningkatkan penjualan.


Berikut ini tips memilih web hosting yang tepat sesuai kebutuhan:

  1. Memperhatikan Kapasitas Penyimpanan Hosting.
  2. Memperhatikan Lokasi Server.
  3. Memperhatikan Pelayanannya.
  4. Memperhatikan Keamanan Data.
  5. Memperhatikan Tools yang disediakan.
  6. Memperhatikan Garansi yang diberikan.

Pembahasan.

Penyimpanan Hosting.

Pernahkah kakak menjumpai web hosting, atau jasa pembuatan website dengan harga yang sangat murah yakni di bawah lima ratus ribu pertahunnya?

Saya pribadi sering menjumpainya, dan cukup kaget.

Kenapa harganya sangat murah, bahkan ada beberapa yang menawarkan domain gratis selama satu tahun.

Setelah saya cermati, ternyata kapasitas penyimpanan hosting hanya 500 MB.

Pantas saja kalau harganya segitu.

Tapi, menurut saya harga 500 ribuan sangatlah mahal meski mendapat domain gratis selama setahun, karena kapasitas penyimpanan hosting yang diberikan hanya 500 MB.

Penting kakak ketahui.

Kapasitas penyimpanan hosting 500 MB cocoknya untuk website profil, yakni website yang sebatas untuk menampilkan profil perusahaan, lembaga pendidikan, atau profil individu seseorang.

Tidak cocok bagi website yang ditujukan untuk update membuat artikel, gambar, ataupun photo produk bagi mereka yang ingin jualan.

Kenapa?

Karena proses pembuatan website saja membutuhkan penyimpanan hosting sekitar 350 MB.

Jadi sisa penyimpanan hosting tinggal 150 Mab.

Jika seperti itu, kedepannya website kakak tidak bisa difungsikan untuk update artikel, maupun upload gambar yang diinginkan.

Oleh sebab itu, saya sarankan memilih paket hosting yang kapasitas penyimpanannya 2 GB, atau lebih.

Dengan begitu, kakak tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan hosting, dan bisa update artikel secara konsisten.

Lokasi Server.

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan lagi ketika hendak membeli paket hosting adalah lokasi server yang digunakan, karena hal ini dapat mempengaruhi kecepatan loading website saat dikunjungi.

Jika tujuan utama kakak mendapat pengunjung dari Indonesia, maka saya sarankan memilih hosting yang lokasi servernya di jakarta, atau singapura.

Bagaimana caranya untuk menentukan lokasi server?

Caranya ada di panduan membeli hosting di Domainesia, dan silahkan dibaca.

Pelayanan.

Yang tidak kalah pentingnya jika kakak berencana mengelola website dengan memiliki hosting sendiri adalah kualitas pelayanan yang dimiliki perusahaan web hosting.

Kakak jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah, karena bisa saja kualitas pelayanan yang mereka miliki biasa saja, dan tidak cepat merespon pertanyaan yang kakak ajukan.

Tahukah kakak..

Yang namanya website terkadang terjadi kendala atau error yang menyebabkan kakak kebingungan untuk memperbaikinya.

Saat-saat seperti inilah, kakak perlu menghubungi perusahaan web hosting guna mengatasi dan memperbaiki masalah website yang sedang terjadi.

Oleh sebab itu, pilihlah web hosting yang kualitas pelayanannya cukup baik, respon cepat, dan siap membantu kapanpun waktunya.

Keamanan Data.

Data penting yang kakak buat dan telah disimpan di website perlu diamankan. Jangan biarkan hilang begitu saja, karena hal itu bisa membuat kakak galau.

Karenanya, kakak perlu memilih web hosting yang menyediakan tools untuk backup data harian sehingga kapanpun waktunya bisa dikembalikan jika dibutuhkan.

Tools yang disediakan.

Tahukah kakak, tidak semua perusahaan web hosting menyediakan beberapa tools yang kakak butuhkan, seperti tools untuk membuat website sekolah, dan toko online secara otomatis.

Padahal, tools yang fungsinya semacam itu sangat diperlukan bagi kakak yang masih pemula, dan belum memahami bahasa HTML. Oleh sebab itu, pilihlah Domainesia karena mereka sudah melengkapi beberapa tools yang sangat membantu.

Tools tersebut namanya Instant Deploy atau Instalasi Otomatis.

Artinya, dengan menggunakan Instant Deploy, Website yang kakak harapkan akan aktif secara otomatis jika kakak sudah melakukan pembayaran paket hosting

Garansi yang diberikan.

Selanjutnya adalah memperhatikan garansi yang diberikan.

Apakah mereka memberi garansi uang kembali jika kakak kecewa?

Ini perlu dipertimbangkan secara matang, karena belum tentu kakak langsung merasa puas dengan layanan, maupun produk yang mereka miliki.

Oke…

Kiranya cukup seperti itu yang saya sampaikan, dan semoga bisa menjadi referensi kakak untuk menentukan perusahaan web hosting mana yang akan digunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.