Cara Membuat Personal Branding di Media Sosial dan Website

Selamat datang dan berjumpa kembali bersama Lummatun, tempatnya kita belajar bareng kaitan strategi marketing, bisnis online, website dan SEO.

Personal branding termasuk langkah dan upaya mereka dalam memperkenalkan dirinya kepada masyarakat luas.

Apapun itu profesinya, baik itu seorang penulis, pengusaha, pelajar, guru, development, dan lain sebagainya pasti membutuhkan personal branding agar keahlian, hobi, produk, dan layanan yang mereka miliki dapat dikenali banyak orang.

Terlebih, personal branding tergolong strategi pemasaran yang cukup efektif dalam mengembangkan bakat, keahlian, dan bisnis agar mudah berkembang.

Daftar Isi Pembahasan.

Pengertian Personal Branding.

Berikut definisi dan pengertian personal branding menurut para ahli:

1. Menurut Haroen.

Menurut Haroen (2014), personal branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang, seperti kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai dan bagaimana semua itu menciptakan persepsi positif dari masyarakat yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Melihat pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa personal branding adalah suatu tindakan dan upaya yang Anda lakukan supaya orang lain punya kepercayaan dan menilai positif terhadap kepribadian Anda.

Jika mereka sudah mempercayai Anda, tentunya dapat dijadikan sebagai alat pemasaran yang handal.

2. Menurut Montoya.

Menurut Montoya (2006), personal branding adalah sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif.

Pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa personal branding termasuk seni, atau kreativitas Anda dalam menarik perhatian orang lain.

3. Menurut Wasesa.

Menurut Wasesa (2011), personal branding adalah proses ketika orang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai merek (brand). Personal branding merupakan seni untuk menarik dan menjaga persepsi publik secara aktif yang mana membangunnya bisa dari orang, nama, tanda, simbol atau desain yang dapat dijadikan pembeda dari kompetitornya.

Kalau pengertian ini dapat diartikan bahwa personal branding termasuk kreativitas Anda dalam menarik perhatian orang lain menggunakan nama Anda sendiri, dan nama brand agar mereka mengetahui lebih jelas perbedaannya Anda dengan kompetitor.

4. Menurut MC Nally.

Menurut McNally dan Speak (2004), personal brand merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara di benak orang lain, yang memiliki tujuan akhir agar publik punya pandangan positif terhadapnya sehingga dapat berlanjut kepada kepercayaan dan loyalitas.

Pengertian ini dapat dipahami bahwa personal branding merupakan upaya dan tindakan yang Anda lakukan agar orang lain bisa mempercayai dan mau menjadi pelanggan setianya Anda.

Prinsip dasar Membangun Personal Branding yang Baik

Berikut ini prinsip dasarnya agar personal branding mampu berjalan sukses, mulus, dan lancar:

1. Menjadi Diri Sendiri.

Menjadi diri sendiri adalah hal utama yang perlu Anda pegang dalam personal branding agar mereka lebih mudah mengenali keahlian, kepribadian maupun produk yang Anda miliki.

Meskipun ada momen atau keadaan tertentu yang mengharuskan Anda meniru gayanya orang lain, tapi Anda jangan sampai meninggalkan jati diri sendiri.

Misalnya seperti ini.

Anda punya keahlian dan hobi membuat kue.

Jadi, buatlah kue dengan citra rasa Anda sendiri. Namun di sisi lain, Anda memerlukan juga desain gambar yang menarik, supaya kue yang Anda sajikan punya nilai lebih dan profesional ketika dipromosikan.

Keadaan yang semacam itu pastinya menuntut Anda agar pandai mendesain gambar.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memperhatikan gambar yang digunakan kompetitor dan kemudian menirunya. Atau yang lebih praktisnya lagi, Anda cukup menggunakan template promosi yang bisa diedit sesuai personal branding.

Yang penting, jati diri Anda sebagai pembuat kue tidak sampai hilang.

2. Fokus Terhadap Keahlian yang Anda Miliki.

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kegagalan dalam personal branding adalah karena Anda tidak mau fokus dengan bidang yang Anda kuasai.

Ada beberapa kemungkinan juga yang membuat Anda tidak fokus dan diantaranya sebagai berikut:

  1. Keahlian yang Anda miliki kurang peminatnya.
  2. Anda menganggap bidang yang dikuasai kurang berpotensi sehingga ingin mencoba bidang lainnya, yang menurut Anda lebih menguntungkan.
  3. Mudah menyerah.

Seharusnya, Anda tetap fokus dengan bidang yang dikuasai.

Kalau toh sekarang belum ada hasilnya, tapi suatu saat akan banyak yang membutuhkannya selagi Anda mau berinovasi, memperbaiki kekurangan yang ada, dan mau berusaha lebih baik dari kompetitor.

Gambaran mudahnya seperti ini….

Anggaplah Anda punya keahlian menulis. Tapi, selama ini hanya sedikit saja orang yang mau memesan untuk dibuatkan artikel.

Itu pun orang-orang yang Anda kenal.

Hal tersebut terjadi mungkin karena Anda hanya personal branding melalui Facebook, Whatsapp, atau Instagram.

Cobalah Anda berinovasi, semisal membuat website personal, supaya jaringan lebih luas, dan keahlian yang Anda miliki mudah diketahui banyak orang dari berbagai daerah.

3. Membuat Tujuan.

Siapapun itu orangnya, kalau mereka tidak punya tujuan pasti bingung mau melangkah, berbuat, yang lebih bahayanya lagi akan mudah terpengaruh.

Karenanya, tentukan terlebih tujuan Anda membuat personal branding, dan buatlah gambaran yang jelas terkait tujuan hidup yang akan Anda capai.

Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat memanfaatkan waktu lebih baik untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan, maupun orang lain.

4. Tetap Konsisten.

Tidak berbeda jauh ketika Anda mempromosikan produk, personal branding juga perlu dilakukan secara terus-menerus, dan konsisten karena hal ini berhubungan erat dengan keahlian, pengalaman, dan minat yang Anda miliki.

Cara Membuat Personal Branding di Media Sosial.

Berikut ini tahap demi tahap yang pernah diterapkan dalam personal branding melalui media sosial online

1. Aktif terhubung dengan sesama pengguna.

Seperti penjelasan singkat di atas, personal branding berhubungan erat dengan kepribadian, dan keahlian yang Anda miliki.

Oleh sebab itu, Anda jangan menjadi pribadi yang cuek.

Teruslah terhubung baik dengan sesama pengguna media agar lama-kelamaan mereka mengenal siapa Anda sebenarnya.

2. Membagikan Konten Marketing yang Handal.

Apabila yang menjadi followers atau temannya Anda sudah cukup banyak, tahap selanjutnya adalah menerbitkan konten yang menggambarkan keahlian, minat, produk, atau layanan yang Anda punya.

Tapi, Anda jangan sembarangan membuat konten marketing, karena hal tersebut akan berdampak negatif.

Dan terkait pembuatan konten marketing yang baik dan berkualitas sudah kami bahas di bawah.

Oleh karena itu, bacalah dari awal sampai akhir dengan fokus supaya tidak ada pembahasan yang Anda lewatkan.

3. Menggunakan Template Promosi yang Profesional.

Sebagus apapun konten yang Anda buat, tapi kalau gambar yang Anda gunakan tidak ada nilai istimewanya, maka konten tersebut rasanya kurang gurih, dan kurang berwarna.

Lantaran itu, buatlah template promosi yang menarik, dan profesional.

Contohnya silahkan perhatikan beberapa gambar di bawah.

Contoh pertama.

Contoh kedua.

Contoh ketiga

Bagaimana kalau Anda belum bisa membuat desain gambar seperti contoh di atas?

Tenang, dan jangan panik karena kami menyediakan ratusan template promosi dalam bentuk power point yang mudah diedit sesuai dengan keahlian, maupun produk yang Anda miliki.

Harganya pun sangat bersahabat dan jika Anda tertarik memilikinya bisa hubungi kami melalui WhatsApp berikut

0858-0389-8081

Atas Nama Kang Mursi.

4. Jangan Hiraukan Komentar yang Membuat Anda lemah.

Jika Anda sering promosi di media sosial online, maka jangan kaget kalau ada seseorang yang berkomentar pahit, dan cukup menyakitkan hati.

Tetaplah konsisten, dan jangan hiraukan perkataan yang bisa membuat Anda lemah, dan menyerah.

5. Mengatur Jadwal Personal Branding.

Meskipun Anda menggunakan media sosial sebagai personal branding, tapi yang perlu diterapkan adalah membuat jadwal supaya tidak mengganggu teman lainnya.

Idealnya, dalam waktu sehari cukuplah melakukan promosi sebanyak dua atau tiga kali.

Untuk waktunya pun bisa Anda tentukan sendiri, boleh siang, sore, ataupun malam.

Intinya, Anda jangan terlalu sering melakukan promosi karena hal itu bisa membuat orang lain merasa terganggu, dan lebih parahnya lagi jika mereka sampai merasa bosan dengan Anda.

Kelebihan Website Untuk Personal Branding.

Kami sarankan agar Anda memiliki website untuk personal branding, karena banyak manfaat dan kelebihannya.

1. Terhubung dengan Google Search Console.

Search console adalah tools miliki Google yang fungsi dan tujuannya agar postingan, gambar, produk, dan konten marketing yang ada di dalam website bisa muncul di halaman Google.

Sekarang siapa sih yang belum mengenal Google?

Yang perlu Anda tahu, Google termasuk mesin pencari terbesar di dunia yang hampir semua orang sudah biasa menggunakannya untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dengan begitu, proses personal branding yang Anda lakukan akan efektif jika menggunakan website, karena keahlian, minat, dan produk yang Anda miliki lebih mudah dikenali banyak orang dari berbagai wilayah dan daerah.

2. Terhubung dengan Google Analytics.

Google analytics adalah tools yang fungsinya untuk mengetahui jumlah pengunjung website, konten yang sering dikunjungi, dan sebagainya.

Yang menariknya lagi, Google Analytics bisa memantau iklan Google Ads jika Anda menggunakannya untuk promosi berbayar.

3. Terhubung dengan Media Sosial.

Anda punya kebebasan memasang link atau profil media sosial online Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain di dalam website.

Manfaatnya, mereka yang mengunjungi website akan mengenal dan bukan hal mustahil jika mereka menjadi Followers atau pengikutnya Anda.

4. Hak Akses Sepenuhnya.

Mungkin Anda pernah merasa kesal dengan media sosial online yang ada, seperti Whatsapp, Facebook, dan sejenisnya karena ada ketentuan dan persyaratan tertentu ketika Anda ingin membagikan postingan.

Itu wajar saja, karena kita hanya menumpang.

Tapi beda halnya jika punya website sendiri. Anda punya kebebasan membuat postingan, dan sesukanya menambahkan gambar yang menunjukkan keahlian Anda.

5. Fitur Lengkap dan Pengelolaannya yang Mudah.

Kelebihan berikutnya ketika personal branding menggunakan website adalah karena fitur untuk membuat konten promosi sangatlah lengkap, dan mudah digunakan.

Perhatikan gambar berikut:

Anda bisa menambahkan media berupa gambar, video, file pdf, dan sebagainya.

Yang membuat istimewa, fitur pembuatan konten terdapat dua versi, yakni visual, dan teks.

6. Biaya yang Terjangkau.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk personal branding dan salah satunya adalah dengan beriklan berbayar yang biayanya tidaklah murah.

Adapun media yang biasa digunakan untuk iklan adalah acara Televisi, websitenya orang lain, dan majalah. Daripada Anda beriklan di sana maka lebih baiknya jika biaya tersebut Anda gunakan untuk membuat website sendiri.

Kenapa?

Karena Anda akan mendapatkan trafik organik atau pengunjung murni dari Google jika sudah mengelola website, dan tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau.

Terlebih, biaya pembuatan website cukuplah bervariasi.

Ada yang lima ratus ribu per tahun, dan ada yang sejutaan setiap tahunnya. Harga tersebut tergantung dari fitur yang akan diterapkan di dalam website.

Lebih jelasnya silahkan simak website personal.

Cara Membuat Personal Branding di Website.

Berikut ini langkah sederhana membuat personal branding melalui website:

1. Update Konten Secara Rutin.

Yang namanya rutin tidak harus setiap harinya menerbitkan konten. Sesuaikan saja dengan kemampuan Anda, dan jangan memaksakan diri supaya Anda tidak merasa bosan saat mengelola website dalam jangka panjang.

Prinsipnya, Anda cukup mengatur jadwal supaya bisa rutin menerbitkan artikel.

Semisal, kurun waktu satu minggu Anda harus membuat postingan paling sedikit dua artikel.

Yang penting, jadwal tersebut dilakukan dan diberlakukan secara konsisten, dan terus-menerus.

2. Membuat Konten Marketing yang unik dan Berkualitas.

Unik adalah sesuatu yang berbeda dari lainnya. Dengan kata lain, buatlah konten hasil usaha sendiri. Bukan artikel kopi paste.

Berkualitas adalah sesuatu yang punya nilai lebih, dan bermanfaat.

Artinya, buatlah konten yang punya nilai lebih dibanding konten lainnya, dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Lantas bagaimana caranya membuat konten yang unik dan bermanfaat?

Gampang..

Anda cukup fokus dengan tiga poin berikut:

  1. Pembahasan Umum, yang sekiranya bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.
  2. Memberikan Solusi kepada pembaca.
  3. Meyakinkan pembaca mengenai produk, layanan, atau keahlian yang Anda miliki.

Gampangnya seperti ini..

Buatlah konten yang berhubungan dengan karya tulisan, jika Anda punya keahlian menulis.

Pertama, Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan “tips membuat skripsi.”

Didalamnya, Anda menuliskan dan membagikan rahasianya agar skripsi mereka cepet selesai dengan hasil yang memuaskan.

Pada bagian ini, prinsipnya adalah membuat konten yang bermanfaat secara umum, khusunya bagi mereka yang sedang membaca.

Kedua, berikan solusi kepada pembaca, karena barangkali diantara mereka masih ada yang kesulitan mengerjakan skripsi.

Bagian ini, Anda bisa menawarkan bimbingan dan konsultasi mengenai skripsi.

Ketiga, yakinkan pembaca agar mempercayai atas keahlian yang Anda miliki.

Tahapan ini, Anda bisa menyertakan beberapa contoh karya ilmiah atau skripsi yang pernah Anda buat.

Sampai sini apakah Anda sudah mengerti, dan memahami apa yang kami maksudkan?

Jika masih bingung silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

3. Menerbitkan Konten ke Media Sosial secara Otomatis.

Tahukah anda, website telah dilengkapi fitur untuk membagikan postingan ke media sosial online secara otomatis.

Kelebihannya akan menghemat waktu, karena ketika artikel yang Anda buat sudah diterbitkan, maka seketika itu juga akan terbit ke Facebook, Twitter atau media sosial online lainnya yang telah Anda hubungkan dengan website.

Keren, kan?

Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang telah disediakan jika Anda ingin menggunakan fitur yang satu ini.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.